Written By Unknown on Sunday, November 19, 2017 | 5:16 AM

Trik Jitu Mengatasi Patek Sayuran
Patek Pada Cabai
Cara Ampuh Mengatasi PATEK Pada Cabai, Cara mengendalikan penyakit PATEK pada tanaman CABAI bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:
1. Gunakan bibit cabai yang sehat, jika melakukan bibit cabe dari tanaman sendiri, jangan menggunakan dari tanaman yang terserang patek.

2. Penanaman sebaiknya dilakukan bukan dari bekas tanaman cabai, terong, tomat atau tanaman yang sefamily Solanaceae. Spora Gleosporium dan Colletotrichum dapat bertahan dan beradaptasi dalam tanah dalam waktu hingga tahunan.

3. Pilih varietas cabe yang tahan terhadap penyakit patek, cabe keriting lebih tahan terhadap penyakit patek.
4. Gunakanlah pupuk dasar atau pemupukan dengan pupuk yang memiliki unsur N (nitrogen) rendah, karena pemberian unsur N yang berlebihan menjadikan tanaman cabai menjadi rentan (mudah terserang) penyakit patek.

5. Perbanyak unsur Kalium dan Calsium untuk membantu pengerasan kulit buah cabai.

6. Gunakanlah mulsa plastik agar terhindar dari penyebaran spora jamur melalui percikan air hujan atau penyiraman.

7. Gunakanlah jark tanam yang ideal sesuai kebutuhan tanaman, usahakan jangan terlalu rapat sehingga dapat meningkatkan kelembaban dan mempercepat penyebaran penyakit.

8. Lakukan perempelan agar tanaman tidak terlalu rimbun, untuk menghindari peningkatan kelembaban udara di sekitar tanaman.

9. Gunakan peralatan yang berbeda untuk menghindari penularan melalui alat pertanian yang kita gunakan.

10. Lakukan pencegahan dengan menggunakan penyemprotan fungisida kontak berbahan aktif mankozeb atau tembaga hidroksida jika serangan penyakit telah berada diambang batas.

11. Jika langkah diatas telah dilakukan namun masih terjadi serangan patek, maka lakukan eradikasi dengan segera membuang tanaman yang sakit atau membakarnya.

12. Jika serangan tidak dapat dikendalikan, lakukan penyelamatan cabai yang belum terserang sesegera mungkin.

13. Tindakan yang perlu dilakukan adalah menyemprot dengan fungisida kontak (Dithane, Nordox, Kocide, Antracol, Danokil, Frevicur-N atau yang lain) bersamaan dengan sistemik (Derosal, Bion M, Amistartop, atau yang lain)

Terimakasih telah berkunjung ke situs https://petanipenopangbangsa.blogspot.com
 

0 comments:

Post a Comment

https://petanipenopangbangsa.blogspot.co.id/© 2014. All Rights Reserved. Template By Maz YeYe Blogger